Diberdayakan oleh Blogger.

alexa

Followers

11.26.2011

Wawancara Dengan Hantu


Sesekali hantu sering menampakkan kehadirannya di hadapan manusia. Berikut ini adalah wawancara seseorang dengan hantu .Kisah ini hanya fiktif belaka kalo terjadi kesamaan nama atau tempat merupakan kebetulan saja dan penulis tidak bertanggung jawab.(he..he..he..)

Orang : Mengapa Anda sering menakut - nakuti manusia tetapi Anda juga cepat menghilang?

Hantu : Kami hanya ingin berkenalan dengan manusia dan mengadakan bisnis antar lain dunia, tetapi ketika kami baru menyapa kebanyakan langsung kabur. Mungkin karena saking jeleknya.

Orang : Tapi mengapa Anda sering muncul di kamera - kamera?

Hantu : Kalau hal itu kami hanya ingin eksis saja di dunia manusia. Karena di dunia hantu tidak ada kamera, jadi pas ada acara yang berbau mistis kami tampil deh, biar eksis kayak artis lainnya hantu lainnya seperti : Suster Ngesot, Pastur kepala buntung dan si manis jembatan Ancol begitu.

Orang : Apakah di dunia hantu tidak ada internet?

Hantu : Kalau di dunia hantu sudah ada intenet, kami akan mengupload sendiri foto - foto penampakan kami.

Orang : Ini yang sering terjadi, mengapa Anda sering merasuki raga seseorang?

Hantu : Kami melakukan hal itu kepada orang yang pikirannya kosong dan jika kami masuk minimal kami dapat berfikir dengan menggunakan pikiran manusia. Ya maklumlah, IQ kami tidak lebih dari 20.

Orang : Oh ya, mengapa Anda sering bersemayam di pohon - pohon besar?

Hantu : Ide itu kami dapatkan pada ilmu biologi yang mengatakan bahwa tumbuhan bernafas menghirup karbondioksida dan mengeluarkan oksigen. Jadi kami bersemayam di pohon - pohon besar karena udaranya sangat sejuk.

Orang : Anda juga kedapatan sering menghuni rumah - rumah kosong, bagaimana Anda menjelaskannya?

Hantu : Anda tahu sendiri, kontrakan mahal. Jadi, terpaksa deh kami menghuni rumah - rumah kosong.

Orang : Terima kasih banyak atas kehadiran Anda.

Hantu : Ya, sama - sama.

Baca selengkapnya..

Arti sebuah kehidupan

    Arti Sebuah Kehidupan Kehidupan memang serba misteri.Sehingga tak banyak orang yang tahu tentang arti sebuah kehidupan. Untuk apa kita hidup ? Apakah hidup hanya untuk makan, minum dan bergaul dengan sesama aja ? Apakah hidup hanya untuk mendapatkan materi dan pengakuan saja ? apakah hidup hanya untuk mendapatkan cinta dan mencinta saja ? Tapi izinkan aku memberikan sesuatu yang mungkin bisa jadi renungan kakak,teman,sahabat,adik,ibu2,bapak2
 APA SIH ARTI KEHIDUPAN INI....? " hidup itu adalah untuk mati....." Mati hakekat adalah awal dari pengenalan kita terhadap yang maha hidup, Hidup adalah sebuah sandiwara yang mana kita adalah hanya sebuah wayang yang digerakkan oleh sang dalang, terserah dalang mau memerankan kita seperti apa. Hidup itu sebuah skenario yang telah ditakdirkan buat kita.sejak kita lahir dari alam rahim ke alam dunia ini. kita bisa hidup karena ada yang menggerakkan, karena ada pinjaman dan titipan segala sifat dan perbuatan sang maha hidup.tanpa dia kita tidak berdaya sedikitpun. Hidup memang untuk sebuah kematian.kematian yang membawa kita pada kekekalan.kematian yang membuat kita tahu untuk apa kita hidup. Renungkanlah mudah-mudahan dengan perenungan dan niat yang tulus dapat membawa kebaikan.

Baca selengkapnya..

11.25.2011

Cara Menggunakan IDM

Cara Menggunakan IDM - Ini adalah trik cara menggunakan IDM atau cara menggunakan internet download manager. Untuk tau cara menggunakan IDM ini, maka terlebih dahulu teman-teman harus memiliki softwarenya yang sudah terinstal di masing-masing PC atau Laptop kamu. Untuk mendownload IDM maka teman-teman bisa juga membaca artikel sebelumnya yang sudah pernah dipublikasi di blog ini dengan judul IDM Internet Download Manager. Untuk tahapan diatas saya percayakan bahwa teman-teman semua yang kebetulan membaca artikel tentang cara menggunakan IDM sudah memiliki software IDM dan menginstal software tersebut di masing-masing PC teman-teman sekalian. Nah... inti dari pada postingan ini adalah menginformasikan tentang bagaimana cara mengunakan IDM, dan untuk langsung ketopik tersebut, maka berikut adalah cara selengkapnya yang dibagi menjadi 3 cara umum: 1. Silahkan kunjungi situs yang menyediakan konten untuk di download lalu ikuti petunjuk yang diberikan oleh situs tersebut lalu klik download maka secara otomatis proses download akan ditangani oleh Internet Download Manager. 2. Silahkan klik kanan link pada link download setelah itu pilih Download with Internet Download Manager. 3. Jika pada saat klik kanan tidak muncul pilihan seperti itu silahkan coba cara ke-3 ini. Klik kanan lalu pilih Copy Link Location setelah itu buka Program Internet Download Manager lalu klik Add URL (letaknya di pojok kiri atas) lalu silahkan Anda klik kanan dan pilih paste di kotak Address selanjutnya Anda pilih OK. Setelah Anda memilih OK lalu selanjutnya silahkan Anda ikuti petunjuk berikutnya dan silahkan atur setting sesuai dengan keinginan Anda jika pengaturan telah selesai silahkan Anda klik Start Download, tunggu proses download hingga 100% setelah itu silahkan nikmati item yang Anda download. Semoga dengan tulisan singkat ini kiranya dapat membantu teman-teman semuanya untuk mengetahui cara menggunakan IDM. Selamat Mencoba...
Baca selengkapnya..

11.17.2011

Cara Mengcopy File Secara Maksimal dengan Teracopy

Cara Menggunakan IDM - Ini adalah trik cara menggunakan IDM atau cara menggunakan internet download manager. Untuk tau cara menggunakan IDM ini, maka terlebih dahulu teman-teman harus memiliki softwarenya yang sudah terinstal di masing-masing PC atau Laptop kamu. Untuk mendownload IDM maka teman-teman bisa juga membaca artikel sebelumnya yang sudah pernah dipublikasi di blog ini dengan judul IDM Internet Download Manager. Untuk tahapan diatas saya percayakan bahwa teman-teman semua yang kebetulan membaca artikel tentang cara menggunakan IDM sudah memiliki software IDM dan menginstal software tersebut di masing-masing PC teman-teman sekalian. Nah... inti dari pada postingan ini adalah menginformasikan tentang bagaimana cara mengunakan IDM, dan untuk langsung ketopik tersebut, maka berikut adalah cara selengkapnya yang dibagi menjadi 3 cara umum: 1. Silahkan kunjungi situs yang menyediakan konten untuk di download lalu ikuti petunjuk yang diberikan oleh situs tersebut lalu klik download maka secara otomatis proses download akan ditangani oleh Internet Download Manager. 2. Silahkan klik kanan link pada link download setelah itu pilih Download with Internet Download Manager. 3. Jika pada saat klik kanan tidak muncul pilihan seperti itu silahkan coba cara ke-3 ini. Klik kanan lalu pilih Copy Link Location setelah itu buka Program Internet Download Manager lalu klik Add URL (letaknya di pojok kiri atas) lalu silahkan Anda klik kanan dan pilih paste di kotak Address selanjutnya Anda pilih OK. Setelah Anda memilih OK lalu selanjutnya silahkan Anda ikuti petunjuk berikutnya dan silahkan atur setting sesuai dengan keinginan Anda jika pengaturan telah selesai silahkan Anda klik Start Download, tunggu proses download hingga 100% setelah itu silahkan nikmati item yang Anda download. Semoga dengan tulisan singkat ini kiranya dapat membantu teman-teman semuanya untuk mengetahui cara menggunakan IDM. Selamat Mencoba...
Baca selengkapnya..

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Pada MS Word


Dalam penulisan sebuah karya tulis/makalah/skripsi, energi Anda yang seharusnya 100% tercurah untuk content, terkadang harus dibagikan untuk hal-hal sepele seperti kesalahan penulisan kata atau kesalahan penulisan daftar isi. Sehingga mau tidak mau, waktu dan tenaga Anda terkadang habis terbuang pada kedua hal tersebut. Untuk itu, untuk membantu Anda mengurangi kerepotan Anda ketika melakukan penulisan karya tulis/makalah/skripsi, maka dibutuhkan otomatisasi hal-hal tersebut: perubahan pada sekecil apapaun pada contentmakalah/karya tulis/makalah akan secara otomatis mengubah daftar isi Anda. Berikut ini Tips mudah membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Word (MS Word): 1. Membuat Kerangka Tulisan Anda. Biasakan untuk selalu memulai penulisan dengan kerangka tulisan atau pokok pembahasan, seperti Pendahuluan, Latar Belakang, Tinjauan, Analisa, Kesimpulan dan sebagainya.
Maksimalkan pembuatan kerangka tulisan dalam Microsoft Word dengan cara: klik View->Outline. Tulislah pokok-pokok pembahasan tulisan Anda di sana, gunakan Tab untuk menuliskan sub bab dari pokok-pokok pembahasan tersebut (perubahanlevel).



span class="fullpost"
2. Melakukan Penulisan Content Tulisan Anda. Setelah kerangka tercipta, mulailah untuk menuangkan pemikiran awal Anda pada dokumen tersebut, sedemikian rupa sehingga tercipta alenia-alenia dari pokok pembahasan maupun sub-sub pembahasannya. Untuk memudahkan proses ini, Anda bisa merubah tampilan menjadi normal, dengan cara View->Print Layout. 3. Membuat Daftar Isi Otomatis. Tahap selanjutnya, yang merupakan tahap inti dari pembuatan daftar isi otomatis, adalah mengaitkan dokumen Anda di atas dengan daftar isi otomatis, dengan cara: 1) Arahkan cursor Anda pada bagian paling atas dokumen; 2) Klik Reference -> Table Of Content -> Automatic Table. Sehingga akan terbentuk daftar isi otomatis, terhadap content document Anda. Setiap kali Anda lakukan perubahan di content akan dengan otomatis merubah keterangan dan nomor halaman pada daftar isi.

4. Refresh Daftar Isi. Apabila Anda melakukan perubahan pada content namun belum merubah Daftar Isi Anda, maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan refresh document dengan cara:1) Klik Pada area daftar isi; 2) Klik Update Table Of Content; 3) Pilih Update Entire Table; 4) Pilih Ok. Maka daftar isi akan secara otomatis menyesuaikan perubahan pada dokumen Anda.

  
/span

Baca selengkapnya..

Membuat dan Mengedit Kamus Khusus di Word 2007 Kamus adalah salah satu fitur yang lebih bermanfaat dalam Word 2007.


Ini akan membantu Anda memastikan Anda tidak misspell kata-kata. Tapi kamus memang memiliki downsides.
Pertama, jika tidak mengenali kata, itu menggarisbawahi kata dalam merah. Banyak orang menemukan ini mengganggu. Karena kamus Word tidak lengkap, kadang-kadang menggarisbawahi kata-kata yang benar. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari fitur kamus Word, hal ini membantu untuk menyesuaikannya. Anda dapat menambahkan kata ke kamus yang tidak sudah ada. Anda juga dapat menambahkan kata benda yang tepat atau istilah teknis.
 Untuk membuat kamus baru, ikuti langkah berikut:

 1. Klik tombol Office dan pilih Word Options
 2. Pilih opsi Proofing
 3. Klik Kamus Custom

 4. Klik New
 5. Masukkan nama untuk Anda kamus dan klik Simpan Kamus baru Anda akan muncul dalam daftar kamus. Menambahkan istilah kamus Anda juga mudah:
 6. Sorot kamus Anda
 7. Klik Edit Daftar Kata
 8. Ketik sebuah kata di kotak Firman
 9. Klik Tambah setelah Anda memeriksa ejaan kata
 10. Ulangi untuk semua kata yang ingin Anda tambahkan
 11. Anda dapat menghapus sebuah kata dengan meneranginya dan mengklik Hapus
 12. Ketika Anda sudah selesai, klik OK
 Setelah Anda telah menambahkan persyaratan Anda ke dalam kamus, klik OK pada kotak dialog yang terbuka. Firman sekarang akan memeriksa kata-kata dalam dokumen Anda terhadap kamus kustom Anda.

     
Baca selengkapnya..

11.10.2011

Merekam Macro di Word 2007

Gunakan alat-alat dalam kotak Word Options dialog Word untuk menampilkan tab Developer pada pita. Macro adalah cara yang bagus untuk mengotomatisasi pekerjaan Anda di Microsoft Word.Makro adalah seperangkat tugas yang dapat dilakukan dengan menekan tombol shortcut, klik tombol toolbar Akses Cepat, atau dengan memilih makro dari daftar. Firman memberi Anda berbagai pilihan untuk membuat makro Anda. Hal ini dapat mencakup perintah di Microsoft Word. Pilihan untuk membuat makro berada pada tab Pengembang pita. Secara default, Word 2007 tidak menampilkan pilihan untuk membuat makro. Untuk menampilkan pilihan, Anda harus mengaktifkan tab Pengembang Word. Untuk menampilkan tab Pengembang, Klik tombol Office dan pilih Word Options. Klik tombol Populer di sisi kiri kotak dialog. Pilih Tampilkan tab Pengembang di Ribbon. Klik OK. Tab Pengembang akan muncul di sebelah kanan tab lain pada pita Word. Apakah Anda menggunakan Word 2003? Membaca tutorial saya tentang membuat macro di Word 2003 .
Baca selengkapnya..

11.09.2011

Membuat Aplikasi Mail Merge Word-Excel

Bagaimana trik membuat kwitansi dengan bantuan Mail Merger yang merupakan gabungan Ms. Word sebagai Format master kwitansi dan Ms. Excel sebagai data Kwitansi. Baiklah saya akan pandu untuk membuatnya. 1. Langkah pertama Buat sebuah master Kwitansi pada Ms. Word dengan format kwintansi yang Anda butuhkan. Sebagai contoh Format kwitansi saya seperti di bawah ini
Simpan file dengan nama "Master format kwitansi 2010" 2. Langkah kedua adalah membuat data pada Ms. Excel Buka aplikasi Ms. excel pada cell A1 ketik no_kwi pada cell B1 ketik jml_uang pada cell C1 ketik terbilang pada cell D1 ketik untuk_kegiatan pada cell E1 ketik ttm_penerima pada cell F1 ketik ttm_dibayar pada cell G1 ketik penerima kemudian isi data yang di butuhkan sebagai data kwitansi sesuai dengan field pada kolom yang telah di ketikan tersebut. Saya contohkan seperti gambar di bawah ini
Simpan file dengan nama "master data kwitansi" 3. Buka file master format kwitansi 2010" 4. Buat mail merge Klik menu Tools --> Letters and Mailings - Mail Merge
Bagaimana selengkapnya tutorial membuat Mail Merge atau supaya Anda tidak pusing-pusing membuat dengan panduan tutorial ini saya akan kasih contohnya berupa satu buah file Ms. excel sebagai data kwitansi dan file Ms. word sebagai master format kwitansi.
Baca selengkapnya..

Supaya Font Tidak Berubah saat dibuka di Komputer Lain

Apabila tidak puas dengan jenis font yang disediakan oleh sistem ope¬rasi yang anda instal, anda bisa menambahkan sendiri berbagai jenis font pada komputer anda. Namun, terkadang jenis font yang anda pakai terse¬but tidak tersedia di komputer lain, sehingga ketika suatu file dibuka di tempat lain, font dari file tersebut berubah. Supaya font tidak berubah, Anda bisa melakukan cara berikut ini: 1. Klik Microsoft Office Button Word Options. 2. Pilih kategori Save, lalu beri ceklis kotak Embed fonts in the file se¬perti gambar berikut ini. 3. Setelah melakukan tip ini, meskipun jenis font yang anda gunakan tidak tersedia di computer lain, font tidak berubah. Menariknya lagi, nama font asli yang anda gunakan akan tetap ditampilkan pada daftar font. Menampilkan Dua Dokumen dalam Satu Layar Pada Microsoft Word Suatu ketika, mungkin kita pernah bekerja lebih dari satu dokumen dalam waktu yang bersamaan. Bisa saja dokumen lain tersebut kita gunakan sebagai referensi atau pembanding terhadap dokumen yang sedang kita kerjakan pada saat itu. Saat dihadapkan pekerjaan seperti itu, sebagian besar orang biasanya menggunakan cara dengan menekan tombol minimize-maximize se¬cara berulang-ulang. Padahal, ada cara lain yang lebih praktis dari cara tersebut. 1. Pastikan dokumen yang akan tampilkan dalam satu layar sudah dibu¬ka semuanya. 2. Aktifkan ribbon View, pada grup Window pilih View Side by Side. Gambar 2.1 Memilih View Side by Side 3. Pada kotak dialog Compare Side by Side, pilih dokumen yang ingin ditampilkan satu layar dengan dokumen yang sedang aktif, lalu klik OK. Gambar 2.2 Memilih dokumen yang akan ditampilkan 4. Sehingga, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Dimana, saat Anda menggeser scroll bar, maka kedua dokumen juga akan bergeser secara bersamaan. 5. Jika anda tidak ingin kedua dokumen bergeser secara bersamaan saat scrool bar digeser, caranya klik Synchronous Scrolling pada grup Window (pada ribbon View) 6. Anda juga bias mengubah tampilannya menjadi vertical seperti gambar dibawah ini. Caranya, tekan Arrange All pada grup (ribbon) View) Mengkonversi Dokumen Word menjadi Format PDF Secara default Microsoft Office 2007 dan versi sebelumnya belum dapat digunakan untuk membuat file dengan format PDF kecuali anda menggunakan Microsoft Office 2010. Supaya bisa digunakan untuk membuat file berformat PDF, Anda terlebih dahulu harus menambahkan/mengin¬stal Add-in: microsoft save as PDF or XPS yang dapat diunduh di situs resmi Microsoft dengan syarat Microsoft Office Anda original atau tidak bajakan. Selain melalui Microsoft, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengonversi dari word menjadi file PDF dari pihak ketiga yang da¬pat Anda unduh di internet secara gratis. Salah satunya adalah SaveAsPDFandXPS.exe. Software ini dapat Anda unduh secara gratis disini. Cara menggunakan software ini adalah: 1. Installah software SaveAsPDFandXPS.exe yang telah Anda unduh. 2. Kemudian buka dokumen Anda yang ingin dikonversi menjadi for¬mat PDF. 3. Klik Microsoft Office Butto lalu klik Save As lalu pilih PDF or XPS. 4. Pada kotak dialog Publish as PDF or XPS yang muncul, tentukan nama Lokasi penyimpanan, nama filenya lalu klik Publish seperti gambar dibawah, 6. Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga proses selesai, maka file PDF yang telah anda buat akan muncul di program pembaca PDF (seperti; Adobe Acrobat Reader, Foxit Reader atau lainnya).
Baca selengkapnya..

11.08.2011

Cara Praktis Encrypt File PDF Menggunakan PDF XChange

Atas saran dari beberapa comment pada artikel trik membuat teks file PDF tidak bisa di-copy paste, kami mencoba memberikan tutorial bagaimana cara meng-encrypt file PDF menggunakan aplikasi PDF XChange. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa memberi password pada file PDF sehingga tidak semua orang bisa membuka file tersebut kecuali mereka tahu password dari file PDF yang anda berikan. Kami ucapkan terima kasih banyak kepada saudara dengan nick HW yang memberikan sedikit pencerahan bagaimana cara menggunakan PDF XChange. Berikut kami berikan tutorial bagaimana cara meng-encrypt file PDF agar tidak bisa dibuka maupun di copy oleh sembarang orang: • Download aplikasi PDF XChange di http://www.tracker-software.com/product/downloads. • Ekstrak file ZIP yang baru saja anda download. • Install file installer dan ikuti proses install sampai selesai. • Selanjutnya, buka aplikasi lain yang bisa digunakan untuk print dokumen atau file lain. Sebagai contoh, kami menggunakan aplikasi Microsoft Word. • Buka salah satu dokumen word yang ingin di encrypt, kemudian print menggunakan PDF XChange. • Klik tombol OK dan lanjuktan dengan memilih Additional Properties dan konfigurasi file PDF seperti yang anda inginkan.
• Sebagai contoh, di sini akan ditambahkan beberapa keterangan dan detail dari file PDF tersebut, maka pada pilihan Information tambahkan keterangan tambahan dari file PDF tersebut.
• Jika ingin menambahkan password, klik tab Security dan masukkan password ke dalamnya. Password Required to Open the document berfungsi untuk memberi password jika document di buka sedangkan Password Required to Change Permissions and/or Password berfungsi jika ingin merubah password atau permission dari file PDF. • Sedangakn pada bagain Encryption Level berfungsi sebagai pilihan enkripsi apa yang akan digunakan. Harap diperhatikan, jika menggunakan encrypt tingkat tinggi (Sebagai contoh 256-bit AES (Acrobat 9.0 and later)), maka yang bisa membuka file tersebut adalah Adobe Reader versi 9.0 atau yang lebih baru. Jika menggunakan versi Adobe Reader yang lebih lama, maka akan muncul pesan error seperti beikut ini. Pastikan Adobe Reader yang digunakan adalah versi yang bisa mendukung file PDF hasil encrypt.
• Pilihan Allow Printing, Allow Change the Document, Allow Content Copying or Extraction, Enable Accessibility dan Allow Adding or Changing Comments and Form Fields juga bisa anda pilih sesuaid dengan keinginan anda. • Salah satu fasilitas pada PDF XChange, anda bisa mengirim file PDF hasil encrypt melalui eMail. Untuk melakukannya, klik Tab eMail pada aplikasi PDF XChange. • Terakhir kali klik tombol OK yang diikuti dengan klik tombol Save. Selesai sudah, anda sudah memiliki file PDF yang sudah di encrypt. Coba buka file tersebut maka sebelum membaca file anda harus terlebih dahulu memasukkan password dari file PDF.
Jika salah memasukkan password, file tidak akan bisa dibuka dan anda harus mengulangi lagi dengan membuka file tersebut. Pastikan juga PDF reader yang digunakan support dengan enkripsi file yang diberlakukan oleh PDF XChange. Selamat mencoba!
Baca selengkapnya..

11.06.2011

Cara Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu File

Anda pernah punya keinginan utuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file? Jika jawabannya YA maka redirect PDF merupakan software yang bisa anda gunakan untuk melakukannya. Selain untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengencrypt file PDF yang akan meminta password ketika anda membuka file PDF. Berikut langkah-langkah bagaimana cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file saja : • Pertama, download aplikasi PDF Redirect dari official website-nya di http://www.exp-systems.com/PDFreDirect/Downloads.htm (Saat melakukan pengujian, kami menggunakan PDF Redirect Versi 2.50). • Install aplikasi yang telah anda install tadi di komputer yang anda pakai. Tampilannya mirip dengan windows explorer sehingga tidak akan menyulitkan orang yang akan menggunakannya. • Cari file PDF yang ingin anda gabungkan.
• Klik salah satu file PDF dan klik tombol + (plus) di bagian bawah nama file. Cari file lain yang ingin anda gabungkan dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Tidak ada batasan berapa banyak file yang ingin anda gabungkan.
• Beri nama file hasil penggabungan pada bagian PDF Output Filename. • Tentukan folder dimana anda menyimpan file hasil penggabungan dengan memilih folder seperti saat pertama kali mencari file PDF. • Jika diperlukan, beri password pada file PDF tersebut dengan cara memberikan check box pada bagian Security, dan masukkan password dari file PDF anda.
• Terakhir, klik tombol Save. Selesai sudah, beberapa file PDF anda telah tergabung menjadi satu file. Jika menggunakan fasilitas Encrypt File, anda harus memasukkan password terlebih dahulu ketika akan membuka file PDF.
Jika salah memasukkan password, file PDF tidak akan terbuka dan anda akan diminta kembali untuk memasukkan password yang benar.
Selamat mencoba dan baca tips dan trik menarik lainnya. Semoga berhasil!
Baca selengkapnya..

Trik Jitu Enkripsi Dokumen ke PDF Agar Teks Tidak Bisa di-Copy

Anda ingin menyebarkan dokumen dokumen melalui internet tetapi tidak ingin orang lain bisa dengan mudah copy-paste teks yang ada didalamnya? Atau anda seorang dosen/guru yang ingin membagikan contoh laporan kepada mahasiswa/murid, tetapi tidak ingin murid tersebut bisa dengan mudah copy dokumen anda? Jika hal itu yang ingin anda lakukan, trik jitu ini bisa menjadi solusi terbaik tanpa harus membeli software PDF converter berbayar. Berikut langkah-langkah untuk meng-convert dokumen ke PDF dengan teks tidak bisa di-copy paste oleh orang lain. 1) Buka file dokumen anda, bisa berupa word atau excel. 2) Ubah dokumen tersebut menjadi file PDF. Anda bisa menggunakan salah satu tips kami yang pernah kami publikasikan sebelumnya yaitu cara membuat file PDF menggunakan PrimoPDF dan konvert dokumen menggunakan aplikasi doPDF. Sebagai contoh, kami menggunakan doPDF sebagai aplikassi untuk merubah file dokumen ke PDF.
3) Setelah itu, buka file PDF yang telah anda buat tadi menggunakan aplikasi PDF Reader seperti Adobe Reader, Foxit Reader atau SlimPDF Reader. Sebagai contoh, kami menggunakan aplikasi Foxit PDF reader. Coba anda block teks pada dokumen, kemudian klik kanan, anda bisa lihat pada menu terdapat pilihan “Copy to Clipboard” yang menunjukkan kalau dokumen tersebut bisa dicopy dengan baik.
4) Selanjutnya, pada aplikasi Foxit Reader, print sekali lagi menggunakan doPDF (Sama seperti yang anda lakukan pada langkah ke dua, tetapi di sini diprint melalui aplikasi Foxit reader). Beri nama yang berbeda file PDF yang baru bisa lebih dikenali dengan sebelumnya.
5) Sekarang, coba anda buka file PDF yang terakhir anda buat. Coba gunakan mouse untuk melakukan copy pada teks dan lihat, teks tidak bisa di-copy ke clipboard. File PDF akan terbaca seperti file JPEG karena telah melalui print halaman sebanyak 2 kali.
Agar lebih optimal, lakukan print sekali lagi menggunakan doPDF reader agar teks benar-benar tidak bisa di-copy ke Clipboard.
Baca selengkapnya..

Bagaimana sandi-melindungi dokumen-dokumen Menggunakan Zip

Di sini adalah beberapa cara untuk melindungi dokumen dan folder dengan password. Dan cara paling mudah adalah dengan menggunakan Zip. Program kompresi data dilengkapi dengan sistem operasi Windows dan memungkinkan pengguna untuk melindungi sandi dokumen saat Anda menekannya. Setelah mengompresi file atau folder, tidak bisa dibuka sampai password dimasukkan.
• Langkah 1: Klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda sandi-melindungi. Ini akan membawa sebuah daftar pilihan. • Langkah 2: Pilih "Send To" dari drop down. • Langkah 3: Klik ". Compressed (zipped) Folder" Ini akan menghasilkan folder yang dikompresi baru dengan nama yang sama dengan file tetapi dengan ekstensi zip.. • Langkah 4: Klik kanan pada folder yang dikompresi baru dan klik "Explore." • Langkah 5: Masuk ke menu "File" dan pilih "Tambah Password." • Langkah 6: Masukkan password dan masuk kembali untuk mengkonfirmasi password. Sekarang dokumen Anda dilindungi kata sandi. Jika Anda mencoba untuk membuka file atau folder itu akan meminta Anda untuk memasukkan password. Jika Anda kesulitan untuk password melindungi file atau folder menggunakan Zip, berbicara dengan seorang dukungan online teknis penyedia.
Baca selengkapnya..

Menggunakan Grafik SmartArt untuk Memberikan Tampilan Visual yang Menarik

SmartArt, fitur baru pada Office 2007 ini sangat membantu sekali untuk yang sering membuat dokumen, lembar kerja atau presentasi yang perlu menampilkan bentuk diagram, struktur, matriks, piramida dan lain-lain. Selain membuatnya mudah dan cepat, kita juga akan terbantu dengan pilihan styles yang bagus dan menarik yang sudah disediakan (seperti contoh di bawah ini). Grafik SmartArt dapat dibuat di Excel,Word, PowerPoint atau dalam pesan email di Outlook 2007. Membuat SmartArt Contoh di sini kita membuat SmartArt dengan layout Equation (lihat gambar di atas). 1. Pada tab Insert, di grup Illustrations, klik SmartArt.
2. Pada kotak dialog Choose a SmartArt Graphic, pilih tipe Relationship dengan layoutEquation. 3. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Catatan: warna pada SmartArt mengikuti Theme yang digunakan pada dokumen.
Memasukkan Teks Ada beberapa cara: • Klik [Text] pada shape di grafik SmartArt (lihat gambar di atas), dan ketikkan teks. Atau, • Klik [Text] pada Text pane (lihat gambar di atas), dan ketikkan teks. Tips: Cara Memunculkan Text pane 1. Klik pada grafik SmartArt dan klik tanda panah di sebelah kirinya. Atau, 2. Di SmartArt Tools, pada Design tab, dalam grup Create Graphic, klik Text Pane. 3. Untuk menghilangkan Text pane, klik tanda X pada kanan atas.
Mengubah Warna SmartArt 1. Klik grafik SmartArt. 2. Di SmartArt Tools, pada Design tab, dalam grup SmartArt Styles, klik Change Colors (lihat gambar di atas). 3. Pilih warna yang diinginkan. Menggunakan SmartArt Style 1. Klik grafik SmartArt. 2. Di SmartArt Tools, pada Design tab, dalam grup SmartArt Styles, klik SmartArt Style yang diinginkan, misalnya Intense Effect (lihat gambar di atas).
Baca selengkapnya..